Sabtu, Desember 24

Sebab Masalah Laptop ,Komputer Yang Lambat Kinerjanya dan Solusinya



Mengapa laptop saya terasa lambat
Ini adalah salah satu survey saya sendiri dari beberapa laptop teman teman saya yang mengalami lambat loadingnya ,mulai dari buka folder ,aplikasi dan lain2.
Berikut penyebab dan solusinya (asli tips dari mig33blora.blogspot.com :D )

-menumpuknya chace dan file sampah dari browser  internet,ini yang paling banyak saya temui..:D
Solusinya silahkan download aplikasi CC Cleaner gratis / bisa download di sini

-folder partisi C:/ terlalu sempit,ini sangat mempengaruhi kinerja operasi sistem ,mengingat kebanyakan orang menginstal OS di partisi C:/ ,untuk standar saya sendiri minimal sisa dari partisi C:/ adalah 20GB ,jadi jika partisi kurang dari 20GB dipastikan bisa menjadikan lemot  ,silahkan dicek ya :D 
 -solusinya silahkan mengubah ukuran partisi C:/ lebih besar dengan aplikasi EASUS PARTITION MAGIG yang bisa dibaca dan download disini.
 
-selanjutnya adalah salah paham menginstal antivirus ,ya memang begitu kenyataanya :D,mengapa demikian? Banyak orang menganggap memasang antivirus lebih dari 1 biar lebih aman ,boro-boro aman malah laptop menjadi crash ,tips menggabung  antivirus asli dari mig33blora.blogspot.com :D
Pilihlah salah satu antivirus utama (rekomendasikan memakai AVIRA,AVG,NORTON,AVAS,KAPERSKY,BITDEFENDER,MSE)
Kumpulan antivirus-antivirus utama tersebut jangan sampai diinstal sama2 dalam satu laptop,karena setiap antivirus tersebut mempunyai databese virus yang berbeda dan bisa juga ke dua2nya menganggap antivirus yang bukan dirinya itu adalah virus (sulit banget kata katanya gan :D).
Akhirnya sistem jadi kacau dan komputer seneng banget eror :D ngga percaya silahkan dicoba .
Menggabungkan dengan antivirus lokal  (SMADAV,ANSAV,PCMAV,ARTAV DLL),kadang kala antivirus utama milih-milih juga ,seperti AVIRA <>SMADAV,AVG<>SMADAV,AVAST<>SMADAV ,coba saja sendiri ya gan :D kalo terjadi apa2 ya hapus saja antivirus lokalnya ganti yang lain saja .

-yang membuat laptop/komputer terasa berat selanjutnya adalah terkena virus .
-solusinya adalah : Cuma 1 yang paling ampuh INSTALL ULANG OS :D

-Selanjutnya adalah kehabisan RAM,mengapa kita bisa kehabisan RAM ? siapa yang memakan? Jangan tanya saya ,saya juga tidak tahu :D . Logikanya begini gan setiap aplikasi yang kita jalankan membutuhkan ruang memory ,dan semakin kita banyak menjalan aplikasi maka memory yang terpakai didalam RAM akan habis dan akhirnya OS macet.
-solusinya gan,untuk windows 7 minimal dipasang 2GB gan ,untuk windows XP cukup 1GB dah cukup,untuk memonitoring RAM dan CPU silahkan mendownload dan instal aplikasi Ram rush bisa download disini.

-selanjutnya gan :D prosesor yang sangat sibuk sehingga dia penuh bekerja sampai dengan 100%.
-solusinya gan pantau dengan RAM RUSH jika nilai persentase CPU sampai 90%-100% (core 2 duo),pasti ada aplikasi yang hang ,atau wajar saat kita burning CD,jika burning CD biarkan sampai selesai dulu (jangan buka aplikasi banyak2 gan) . sehingga beban prosesor sedikit terkurangi.
Jika ada aplikasi yang hang hentikan saja ,untuk mengeceknya bisa di windows task manager,lihat aplikasi mana yang menghabiskan kinerja prosesor dan setelah ketemu END prosessing.
Demikian tips dari ane ,kalo ada salah minta maap,semoga berguna untuk kita semua.

Tidak ada komentar: