Jumat, Desember 16

Proses Fabrikasi Baja


Proses Fabrikasi Baja
                    Fabrikasi baja adalah proses pembuatan baja ,dimana baja itu dibuat berdasarkan gambar teknik dari pemesan baja tersebut dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati baik dari segi desain kekuatan dan lain sebagainya.
                   Proses fabrikasi baja pada proyek New Office Building At BPN Base (OFN)  dikerjakan oleh PT. PSP di Tangerang.Berikut adalah proses fabrikasi yang dikerjakan PT. PSP
a.       Fitter
b.      Cutting
c.       Welding
d.      Cleaning
e.       Pengujian
f.       Sand blaster
g.      Primare
h.      Finishing
i.        Shiping


        3.3.1.1.Fitter
              Fitter adalah proses pengukuran dengan acuan gambar kerja yang diterima oleh perusahaan fabrikasi dari pihak pemesan ,desain,dimensi dan kekuatan baja ditentukan oleh konsumen.

          3.3.1.2.Cutting
       Setelah pengukuran dipastikan benar langkah selanjutnya adalah proses cutting atau pemotongan.

3.3.1.3.Welding
                   Welding atau pengelasan dalam fabrikasi baja bertugas untuk mengelas sambungan baja,memasang komponen  baja , seperti memasang base plate, plat stefener dan lain sebagainya.

3.3.1.4.Cleaning
                   Setelah proses welding selesai maka dilakukan cleaning ,yang bertujuan untuk membersihkan dan menghaluskan bekas pemotongan dan pengelasan.

3.3.1.5.Pengujian
                   Dalam tahap pengujian ini antara lain adalah uji tekan dan uji keretakan dengan menggunakan sinar X-Ray.Jika dalam pengujian lolos maka akan dilanjutkan dalam proses sand bluster,jika dalam pengujian tidak lolos maka dilakukan proses repair atau perbaikan,jika proses repair selesai maka akan di uji ulang dan dilanjutkan ke proses sand bluster.

3.3.1.6.Sand Bluster/Sand Blasting
                   Proses ini adalah menyemprotkan pasir ke baja dengan tekanan tinggi , yang bertujuan untuk menghilangkan karat,sehingga setelah proses ini maka baja siap masuk proses primare.
3.3.1.7.Primary
                   Adalah proses persiapan untuk finishing dan pengecekan ulang bahwa baja benar-benar bersih dan siap untuk dilakukan pengecatan/finishing.

3.3.1.8.Finishing
                   Finishing adalah proses pengecatan setiap member baja sebelum dikirim.
3.3.1.9.Shiping
                   Shiping adalah proses pengiriman dari pabrik fabrikasi sampai  tempat tujuan dimana baja akan diereksi/diinstal.




Tidak ada komentar: