Jumat, Desember 16

Pekerjaan persiapan sebelum ereksi baja


3.3.2.Pembersihan Lokasi  
          Pembersihan lokasi bertujuan untuk persiapan jika baja datang , maka tempat yang akan dijadikan lokasi dimana baja ditempatkan harus bersih dan tempatnya datar .

3.3.3.Marking Angkur Baja
          Marking angkur baja berfungsi untuk memberi nama kolom apa yang nanti akan dipasangkan ke angkur , marking ini disesuaikan dengan denah pada grid yang telah ditentukan sebelumnya,marking ini menggunakan cat semprot ,dengan mengecat secara tebal dikarenakan lantai beton sering terkena panas dan hujan dan lalu-lalang pekerja ,dengan demikian marking lebih awet.

3.3.4.Marking Rencana Dinding Hebel
               Marking ini dilakukan oleh surveyor ,berdasarkan gambar kerja,surveyor menandai bagian mana yang akan dibangun dinding hebel,setelah dibidik dengan theodolite dan menghasilkan 2 titik langkah selanjutnya ditandai dengan benang sipat.

3.3.5.Pekerjaan Grouting
              Grouting berfungsi sebagai bahan pengisi pada suatu celah yang kecil,grouting mengandung campuran bahan kimia dan sangat berfungsi meningkatkan kuat tekan.Fungsi grouting pada base plate yaitu:
·         mentransfer beban ke slab bawah.
·         menjaga agar material pada elevasi rencana.
·         menahan getaran.
              Pemasangan grouting pada ereksi baja dilakukan 2 kali,pertama pada saat baja belum dipasang ,pada pemasangan yang pertama grouting dipasang memanjang ditengah-tengah celah angkur sepanjang 30 cm dengan tebal 4 cm,pemasangan grouting yang pertama dibantu dengan surveyor untuk mendapatkan level +0.04,tidak ada angka toleransi dalam pemasangan grouting karena akan mempengaruhi ketegakkan kolom.
              Pemasangan grouting yang pertama menggunakan begisting sederhana,dengan batas angkur baja sebagai pengikat 2 kayu yang memanjang dan untuk sisi yang lainya kayu dipaku.Pemasangan grouting yang kedua dilakukan saat baja sudah dipasang dan dipastikan ketegakanya sudah disetujui oleh konsultan pelaksana,grouting yang kedua dipasang penuh dibawah base plate,sehingga dibawah base plate adalah pasangan grouting.   

3.3.6.Persiapan Penurunan dan Penempatan Baja
              Baja pertama yang datang adalah baja gedung OFN-A , sebelumnya crane sudah disiapkan.Penyusunan baja disusun berkelompok sesuai dengan portal yang mau dipasang,sehingga pada saat ereksi baja memudahkan crane dalam mengambil dan memasang baja.

3.3.7.Pengecekan Ulang Member Baja
              Pada saat pengiriman baja dari Tangerang menuju Balikpapan ,memungkinkan terjadi benturan antara baja satu dengan yang lainnya,maka dilakukana pengecekkan apakah ada yang lepas komponen dari baja tersebut.Dilanjutkan dengan pengukuran ulang tiap-tiap member baja dan memastikan baja yang mana siap di ereksi dan yang perlu perbaikan.

3.3.8.Pemasangan Scaffolding
              Scaffolding adalah alat perancah yang terbuat dari beberapa rangakaian pipa yang berfungsi sebagai alat pembantu dalam menyelesaikan pekerjaan dalam ketinggian tertentu.Sebelum baja dipasang tim scaffolding didampingi arsitek memasang scaffolding ,setelah dipastikan aman untuk proses ereksi baja , maka siap melakukan ereksi baja.
              Scaffolding pada saat ereksi baja berfungsi untuk perancah yang memudahkan tim ereksi baja dalam pemasangan baja seperti mengencangkan baut dan membantu pekerja dalam melepaskan tali yang menghubungkan antara baja dan crane.

Tidak ada komentar: