Sabtu, Oktober 6

Perlukah Berorganisasi..?

Didalam kamus besar bahasa Indonesia organisasi adalah
or·ga·ni·sa·si
1 kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu; 2 kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama;

sedangkan didalam wikipedia indonesia,definisi organisasi adalah:
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.
 Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin,metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Perlukah kita berorganisasi..??
Perlu..!
Kita diciptakan sebagai makhluk sosial , yang berarti saling membutuhkan antara satu dan yang lainnya, tidak mungkin kita butuh pakaian dan kainya buat sendiri ,benangnya buat sendiri ,mesin jahitnya dsb ,jika yang terjadi demikian maka kehidupan ini tidak seimbang, begitu juga dengan organisasi semua mempunyai tugas masing-masing dengan detail tugas yang mungkin berbeda dengan yang lainya tetapi mempunyai tujuan yang sama ,baik organisasi dalam kebaikan maupun dalam kejahatan.
organisasi terkecil dalam kehidupan manusia adalah keluarga, didalam keluarga terdapat pemimpin dan ada yang dipimpin yang mempunyai tujuan yang sama, yaitu keluarga yang harmonis.
Dalam organisasi biasanya mempunyai target-target yang dicapai, yang sebelumnya sudah direncanakan sebelumnya dengan membuat level planning , jika pada tahap target A gagal maka ada target B ,jika target B gagal maka akan mengerjakan target C dan seterusnya, dengan agenda yang teratur dan didukung sumber daya manusia yang mendukung berdirinya organisasi maka akan memperkokoh pondasi organisasi anda.
Banyak planing dan visi misi ke depan , buat visi yang "wah" ,ingat tetapi semua anggota harus mendukung visi ini ,jika tidak bisa dikatakan "seperti agar agar berbentuk senapan AK47" kelihatannya seram tetapi itu agar-agar , seram tetapi lunak.
Susunan struktur organisasi yang terjadi disekolah biasanya main suruh-suruh,suruh sana suruh sini ,jarang ada kemauan terhadap tugas yang akan diemban.Jangan berharap banyak jika berorganisasi setengah hati , mantapkan hati dan emban tanggung jawab , jika anda tidak mampu katakan saja "saya belum mampu",disini anda jangan nyaman dengan ketidak mampuan anda ,karena anda bagaikan berlari ditempat , berkeringat tetapi tidak ada perubahan tempat,gunakan waktu untuk belajar dan belajar.
Mantapkan hati untuk maju,jika anda berkarir diperusahaan anda tunjukkan semaksimal mungkin kemampuan anda untuk mengabdikan diri di perusahaan tersebut ,dengan demikian atasan anda mungkin akan menawarkan naik posisi, dengan gaji yang bertambah pula.
Didalam wawancara kerja/penerimaan karyawan ,HRD lebih suka orang yang berorganisasi. Ini menandakan bahwa calon karyawan bisa bekerja secara Team Work ,atau bekerja tim .Merupakan nilai lebih jika anda berorganisasi.
Berorganisasilah yang sehat dan dalam lingkup kebaikan.

salam